10 Hal yang Diharapkan Konsumen dari Kemasan (Bagian I)

Selasa, Oktober 28, 2014 Dreamchaser 0 Comments


Saat konsumen hendak membeli suatu produk mereka terkadang dihadapkan pada lebih dari satu pilihan untuk produk sejenis. Di sini seluruh indera konsumen bermain, mereka ingin "digoda" sampai akhirnya mereka lebih tertarik pada salah satu pilihan dan memutuskan untuk membelinya. Kemasan memegang peranan penting sebagai faktor penggoda bagi konsumen dalam menetapkan pilihan, seperti antara lain fungsi kemasan, ide desain kemasan yang menarik dan kreatif. Bahkan konsumen bersedia membayar lebih untuk hal-hal tersebut disamping produknya itu sendiri.


Setidaknya ada 10 hal yang diharapkan oleh konsumen dari kemasan produk yang hendak mereka beli:

1. Penampilan yang eye-catching
Sesuatu yang istimewa, yang berbeda dan tampilan yang menarik perhatian adalah sinyal yang akan ditanggapi secara positif oleh konsumen, khususnya mereka yang berusia muda. Apapun yang tampak dengan jelas menyolok di tengah lingkungan persaingan yang monoton atau apapun yang tampak mengejutkan dapat memenangkan hati konsumen. Usaha yang spesial akan memberikan kesan yang spesial pula dan dapat dimaklumi jika ada tambahan biaya untuk itu.

2. Desain, bentuk dan warna
Desain yang dipertimbangkan dengan matang, lalu teknik printing dan finishing yang kreatif; semuanya bertujuan untuk mengikat konsumen agar mereka memberikan perhatian pada kemasan produk beserta isi di dalamnya. Keindahan dan daya tarik kemasan adalah faktor yang sangat penting
dan menjadi pembeda terutama pada beberapa kelompok produk seperti kosmetik dan gula-gula. Konsumen memiliki kecenderungan untuk membeli produk yang didesain dengan rupa yang  menyenangkan dan dekoratif.

3. Fungsi
Aspek fungsional adalah dasar dari semua kemasan yang sukses yang ujungnya adalah kesuksesan produknya juga. Perlindungan terhadap produk dan aroma, kebersihan dan kerapatan saat dalam keadaan tertutup, keramahan terhadap lingkungan dan kemudahan penanganan (pada saat digunakan dan disimpan) adalah hal-hal yang penting yang perlu dipertimbangakan saat mendesain kemasan sehingga bisa meningkatan kenyamanan konsumen, contohnya: mekanisme buka-tutup kemasan, menakar produk, jendela tembus pandang.

4. Inovasi
Kebaruan punya daya tarik yang luar biasa kuat. Sebuah kemasan yang inovatif dapat membuat produk jadi "baru" dibandingkan produk sejenis. Solusi yang tidak biasa, pengembangan baru yang fungsional dan originalitas tidak hanya membuat suatu desain jadi trend tapi juga mendorong penjualan.

5. Material
Apa yang tercetak di bagian luar kemasan akan dibaca dengan sukarela, sementara apa
yang terdapat di dalam kemasan akan menjual dengan baik. Kemampuan untuk didaur ulang, kemudahan untuk dibuang dan di atas itu semua, variasi desain yang hebat dan potensial adalah
sifar-sifat khusus yang melekat pada material. Selain itu penggunaan material yang populer di kalangan konsumen, terutama yang memiliki daya tarik tinggi dan ada banyak keuntungan lainnya yang bisa ikut dipertimbangkan dalam permilihan material kemasan.

Pada artikel berikutnya akan kami jelaskan 5 hal lainnya yang diharapkan konsumen dari kemasan produk yang akan mereka beli.

0 komentar: