10 Hal yang Diharapkan Konsumen dari Kemasan (Bagian II)

Rabu, November 05, 2014 Dreamchaser 0 Comments



Pada artikel sebelumnnya sudah diuraikan 5 dari 10 hal yang diinginkan konsumen dari kemasan suatu produk. Berikut ini adalah 5 hal lainnya yang perlu diperhatikan agar kemasan suatu produk bisa memenuhi harapan konsumen:

6. Komunikasi yang efisien
Kemasan merupakan sarana komunikasi yang efisien dan dapat diandalkan karena ia akan otomatis berinteraksi dengan konsumen lewat bentuk, tampilan desainnya dan apa yang tertulis di permukaannya. Hal ini membuat kemasan dekat dengan konsumen dibandingkan hal lainnya. Jika beberapa dari indera konsumen dapat dibuat tertarik maka konsumen akan dapat dengan sukses diyakinkan untuk membeli produk tersebut.

7. Daya tarik multi indera
Siapapun yang berusaha untuk mendekati konsumen secara multi indera akan menarik lebih banyak perhatian, mengintensifkan persepsi dan merangsang keinginan konsumen untuk membeli.  Kemasan yang dapat dirasakan, dicium dan didengar juga dilihat akan memenangkan hati konsumen sehingga ia bersedia membayar dengan harga yang lebih mahal untuk daya tarik multi indera ini.

8. Ketepatan untuk produk
Kemasan dianggap sebagai indikator penting dari kualitas. Kualitas produk karenanya harus dikomunikasikan lewat kemasan yang baik dan tidak sekedar menjanjikan kualitas dengan tulisan di atas kemasan. Jika itu bisa dilakukan maka hasil yang tercipta adalah sebuah "karya seni yang menyeluruh" yang dapat diandalkan, yang mana isi dan  kemasan saling sesuai dan konsumen dapat diyakinan dengan konsistensi ini.

9. Nilai
Kemasan adalah cara terbaik untuk mengkomunikasikan kecanggihan, kelas dan nilai. Ini membuatnya sebagai pilihan strategis yang ideal untuk mengekpresikan posisi premium suatu produk, juga sebagai pilihan ketika sebuah produk perlu untuk di-upgrade atau sebuah  merk perlu direvitalisasi. Produk dalam kemasan yang berkelas biasanya kehadirannya juga akan menjadi populer.

10. Keuntungan tambahan
Kemasan yang sukses tidak hanya mengkombinasikan apa yang menyenangan dengan apa yang berguna secara fungsional tapi juga memberikan keuntungan lebih. Contohnya, sebagai hadiah, persembahan atau souvenir, dengan memberkan pernak-pernik yang menghibur atau sekedar membuat konsumen bisa terus menggunakan kemasan untuk sesuatu yang lain setelah produknya dipakai.

Jika kesepuluh hal tersebut bisa tercakup dalam satu desain kemasan maka kesempatan untuk memenangkan persaingan dengan produk sejenis akan lebih besar. Bahkan lebih jauh lagi bukan hanya sekedar memenangkan persaingan tapi bisa juga menjadi trend setter. Jadi mulailah desain kemasan produk anda yang dapat memenangkan hati konsumen.

0 komentar: